Sekilas tentang .NET Framework

Apa itu .NET Framework ?

.NET Platform merupakan satu set kumpulan teknologi yang memungkinkan teknologi Internet ditransformasikan ke dalam platform distributed computing dengan skalabilitas dan kompatibilitas tinggi. Secara teknikal, .NET Platform menyediakan konsep pemrograman dengan library dan modul-modul baru yang konsisten, terlepas dari jenis bahasa pemrograman yang digunakan.

.NET Platform menyediakan hal-hal berikut bagi para developer :
  • Language independent, dengan programming model yang konsisten di semua tier aplikasi yang dibangun.
  • Interoperability dan kompatibilitas antar aplikasi.
  • Kemudahan migrasi dari teknologi yang ada saat ini.
  • Dukungan penuh terhadap berbagai teknologi standar yang digunakan dalam platform internet, antara lain HTTP, XML, SOAP dan HTML.

Teknologi inti .NET secara umum terdiri dari 4 area pokok :
  • .NET Framework
.NET Framework adalah teknologi inti yang menyediakan berbagai library untuk digunakan oleh aplikasi di atasnya. Komponen inti .NET Framework adalah Common Language Runtime (CLR) yang menyediakan run time environment untuk aplikasi yang dibangun menggunakan Visual Studio .NET, terlepas dari jenis bahasa pemrogramannya.

  • .NET Building Block Services
Building block merupakan sekumpulan services yang bersifat programmable, yang dapat diakses secara offline maupun online. Service tersebut merupakan modul-modul yang terdapat di suatu komputer, server dalam jaringan, maupun di suatu server di internet.

  • Visual Studio .NET
Visual Studio .NET menyediakan tools bagi para developer untuk membangun aplikasi yang berjalan di .Net Framework. VS.Net membawa perubahan besar dalam gaya pemrograman, karena setiap programmer dituntut untuk memahami .NET object model dan Object Oriented Programming dengan baik, jika tidak ingin menghasilkan aplikasi dengan performa rendah.

  • .Net Enterprise Server
Bagian ini merupakan sekumpulan server based technology yang digunakan untuk mendukung teknologi .NET, yang mencakup sistem operasi, database, messaging, maupun manajemen e-commerce. Teknologi yang disediakan antara lain adalah Windows 2000 Server, SQL Server, Exchange, ISA Server dan BiZTalk Server.

Microsoft .NET framework adalah teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft yang saat ini sangat populer dan banyak digunakan di lapangan kerja. .NET memiliki keunggulan dari tool IDEnya yang sangat powerful dan class library yang sangat lengkap.


Teknologi .NET muncul karena adanya beberapa alasan pada teknologi aplikasi Microsoft yang lama. Standar yang lama berbasiskan pada COM di mana memiliki berbagai macam keterbatasan, antara lain :
  • DLL Hell.
Istilah ini sering kali dipakai oleh programmer untuk menyatakan masalah versi yang terjadi pada COM. Ketika COM mengalami perubahan atau pembaharuan seluruh aplikasi yang memakai component tersebut harus di compile ulang jika tidak sering terjadi Runtime Error.

  • Tidak cocok dengan platform lain.
Standar COM tidak bisa diterapkan untuk platform atau mesin yan lain. Ketergantungannya terhadap system Win32 sangat tinggi. Sehingga untuk diterapkan pada mesin seperti PDA, Handphone sangat susah sekali.

  • Tidak mendukung inheritance
Komponen dalam COM tidak dapat diinheritance sehingga sangat sulit bagi programmer untuk mengembangkan lebih lanjut komponen yang sudah ada. Dalam teknologi .NET teknik kompilasi yang terjadi pada source code program memiliki sedikit keunikan.

Teknologi .NET dapat dimanfaatkan untuk menciptakan berbagai jenis aplikasi, yaitu:
  1. Windows Application
  2. Windows Service
  3. Web Application ( ASP.NET )
  4. Web Service
  5. Smart Device Application

Pemahaman dasar visual basic bisa dimulai dari pengenalan terhadap:
  • Objek
Objek dapat diartikan kepada sebuah benda dalam hal ini anggap saja objek adalah textbox, label dan comman button.

  • Properties
Properties adalah sesuatu yang dipunyai oleh objek. Misal: textbox mempunyai property nama atau property text.

  • Event
Event adalah suatu kejadian terhadap objek pada saat tertentu. Misal: Objek command button dapat menerima event klik pada saat pemakai software kita nanti mengklik nya.

  • Methode
Method adalah sesuatu yang dapat dilakukan oleh objek. Misal: Objek combo dapat menambahkan Item nama-nama hari pada dirinya dengan method Add. Contoh: combobox1.Items.Add (“Senin”).

No comments:
Write komentar